Kamis, 03 Februari 2022

Sepersekian Pertanyaan dan Kemungkinan

"Kita tidak akan pernah tahu tentang kemungkinan apa saja yang kita miliki dalam beberapa detik berikutnya."

Beberapa saat yang lalu, saya baru saja mendapatkan pesan yang sudah saya nantikan beberapa hari yang lalu. Tentang sebuah pesan yang berisi jawaban atau pernyataan mengenai kemungkinan dalam suatu hubungan, setidaknya itu yang saya pahami sampai detik ini. Pesan tersebut tidak langsung saya baca ketika saya mendapatkannya pagi ini. Saya menunggu beberapa saat, menyiapkan beberapa hal seperti kesiapan hati dan pikiran sembari menyalakan perapian dan menikmati secangkir kopi. Mungkin terkesan berlebihan, tapi bagi seseorang yang untuk pertama kalinya menanyakan hal-hal semacam itu adalah sesuatu yang menurut saya wajar, ya setidaknya ada sedikit pembelaan untuk ketidaksiapan saya beberapa detik yang lalu. 

Hampir seperempat abad saya mewaktu di dunia yang begitu singkat ini dan belum pernah sama sekali saya menanyakan hal-hal seperti ini. Sebuah progres yang tidak ada salahnya untuk dirayakan bukan? Terlebih melalui sebuah tulisan, untuk sekedar mengingat dalam jurnal panjang kehidupan saya yang entah akan berakhir seperti apa. Tentu saya akan mengingat hari ini sebagai hari dimana saya belajar bahwa tidak ada salahnya untuk bertanya ketimbang memikirkannya seorang diri dalam ruang imajiner yang tak berujung.

Dua hari yang lalu, saya menanyakan sebuah pertanyaan yang sebenarnya tidak perlu ditanyakan, bahkan saya sudah mengetahui tentang jawaban dan semua penjelasan yang akan terjadi ketika pertanyaan itu dilontarkan. Tetapi hari itu saya memilih cara hidup yang berbeda dari hari-hari sebelumnya. Meski sudah mengetahui tentang probabilitas dan persentase jawabannya, saya tetap menanyakan pertanyaan tersebut kepada teman saya. Tidak ada alasan spesifik kenapa saya melakukan hal tersebut, bahkan ini benar-benar diluar kebiasaan saya di dalam menjalani kehidupan. Bahkan sampai detik ini ketika saya sedang menulis tulisan ini, saya juga masih belum memahami kenapa saya melakukan hal tersebut.

Mempertanyakan hal tersebut bisa diibaratkan seperti bertanya kepada orang asing mengenai di mana posisi matahari ketika terbit. Kita sudah mengetahui, bahwa matahari terbit dari timur, tetapi tidak ada salahnya bukan untuk memastikan kembali? Siapa tahu, hari itu adalah hari di mana matahari terbit dari utara atau bisa saja matahari sedang terlelap dan tidak menampakan dirinya. Kita tidak pernah mengetahui secara pasti tentang hal-hal yang akan terjadi beberapa detik yang akan datang. Bahkan dalam kemungkinan-kemungkinan yang mutlak soal kehidupan, saya berani bertaruh bahwa ada sepersekian kecil kemungkinan yang bisa saja salah di kemudian hari.

Ketika membaca jawaban dalam pesan tersebut, sejujurnya untuk beberapa detik pertama saya fokus kepada isi dari jawaban tersebut. Tetapi untuk beberapa detik berikutnya, saya sudah tidak mempedulikan hal tersebut. Saya lebih menggarisbawahi tentang kemungkinan-kemungkinan yang bisa saja terjadi di  beberapa detik sebelumnya. Kita hidup di dalam ruang yang penuh dengan probabilitas yang bisa saja jumlahnya tidak terbatas dan begitu pula dengan isi dari pesan tersebut bukan? Bisa saja di kehidupan saya hari ini, jawabannya adalah tidak yang bersyarat, tetapi di kehidupan saya yang lain jawabannya adalah iya yang tidak bersyarat.

Membicarakan soal kemungkinan-kemungkinan yang bisa saja terjadi, saya belajar bahwa setidaknya kita lebih memiliki banyak kemungkinan ketika menanyakan hal tersebut ketimbang bungkam di dalam diam. Setidaknya, meski kita mengetahui bahwa ada kemungkinan-kemungkinan yang tidak mengenakan dalam beberapa detik berikutnya, kita juga memiliki kemungkinan-kemungkinan yang bisa saja jauh lebih membahagiakan di luar ekspetasi kita untuk beberapa detik selanjutnya. Kita tidak akan pernah tahu tentang kemungkinan apa saja yang kita miliki dalam beberapa detik berikutnya. Satu-satunya hal yang kita ketahui adalah bahwa semua hal yang berada di dalam pikiran kita saat itu masih menjadi kemungkinan-kemungkinan belaka, maka menjadikannya sebagai sebuah jawaban yang pasti adalah sesuatu hal yang setidaknya patut kita coba.

"Dengan atau tidaknya sebuah kesiapan,
Dengan atau tidaknya sebuah keberanian."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar